Kamis, 21 Maret 2013

Yang Aneh dan Unik tentang Air Mata

Menangis, mungkin itulah salah satu yang sering dilakukan oleh sebagian orang untuk mengekspresikan perasaan sedih atau kesal terutama bagi kaum wanita , sebenarnya wanita kebanyakan wanita menangis bukan karena lemah tetapi karena sudah terlalu kuat untuk menahan perasaannya. Tapi bagi sebagian orang-orang tangguh ada yang mengharamkan adanya tetesan airmata di pipinya. Menangis itu tidaklah dilarang tetapi banyak yang belum tau bahwa air mata yang telah keluar saat menangis itu memiliki banyak manfaat mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa menangis itu sedikit banyak dapat menenangkan hati, jiwa dan pikiran. Air mata saat menangis memiliki fungsi antara lain :

1.MembantuMembunuh Bakteri Pada Mata

Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami.. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90% 95% bakteri-bakteri yang tertinggal darikeyboardkomputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

2.MembantuMencerahkanPenglihatan

Air mata ternyatamembantupenglihatanseseorang.. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi padamembranmata yang bisa membuatpenglihatanmenjadi kabur.. jadi jika ingin mencerahkanpenglihatanmata dan ingin menangkal rabun caranya yaitu nangis.
3. MembantuMengeluarkan Racun Pada Mata

Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapastuditentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

4.MembantuMeningkatkan Mood

Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali.. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24%proteinalbumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

5. MembantuMengurangi Stess

Bagaimana menangis bisa mengurangi stres..? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin.. Selain menurunkan level stres, air mata jugamembantumelawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

6. Dapat Melegakan Perasaan

Semua orang rasanya merasa demikian.. Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega.. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.. Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat menangis, jangan dipendam karena agan sewaktu-waktu bisa menangis meledak-ledak.

7. Bisa MembangunKomunitas

Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisamembantuseseorang membangun sebuahkomunitas.. Biasanya seseorang menangissetelah menceritakan masalahnya di depan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi ( bisa dibilang curahat ).

Mudah-mudahan bermanfaat, terimakasih
Sumber : kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar