Selasa, 10 September 2013

15 Tips Mengobati Flu | Menyembuhkan Flu

CUACA tidak bersahabat, hujan turun terus-menerus. Inilah saat yang tepat bagi virus flu untuk menyerang Anda dan mengganggu rutinitas sehari-hari.
Virus hanya bersifat sementara/temporary berada di tubuh kita. Dan seiring dengan meningkatnya sistim kekebalan tubuh kita, virus itu sendiri akan hilang dari tubuh kita.
 
Untuk menghadapi Flu, kita menjaga pola makan dan asupan gizi. Berikut ada tips, bagaimana cara menangkal Flu?
 

Berikut adalah cara Mengobati Flu atau Menyembuhkan Flu :

 

1. Banyak Istirahat
Salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan flu ialah tidur. Balut tubuh Anda dengan selimut yang hangat agar tubuh Anda tetap fokus dalam memerangi virus-virus yang mengganggu. Sistem imun dalam tubuh bekerja dengan baik saat tubuh fokus dalam melakukan tugasnya dan cenderung melemah jika tubuh Anda kelelahan.
 
2. Perbanyak Minum
Minum air putih 8 gelas sehari rupanya bukan saran yang main-main. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh menjadi obat yang ampuh bagi berbagai penyakit, termasuk flu. Saat tubuh dihinggapi flu, pilihlah minuman hangat yang dapat melegakan hidung tersumbat dan rasa tenang di tubuh.
 
3. Cuci tangan
Virus flu tersebar dimana-mana dan tangan merupakan medium paling ampuh dalam penyebaran bibit-bibit flu. Rajin-rajinlah mencuci tangan sebelum makan atau setelah mengunjungi tempat-tempat umum yang banyak dihinggapi kuman.
 
4. Berkumur
Berkumur dengan air garam beberapa kali sehari dapat menyembuhkan tenggorokan yang gatal dan mencegah timbulnya infeksi. Campurkan 2 sendok teh garam dalam segelas air hangat dan berkumur dengan perlahan. Pastikan Anda tidak menelannya karena dapat menyebabkan mual dan muntah. Berkumurlah di kamar mandi, bukan di wastafel dapur atau tempat-tempat lain yang dekat dengan makanan agar kumannya tidak tersebar.
 
5. Konsumsi vitamin C
Saat sistem imun tubuh berada dalam kondisi paling lemah, perbanyaklah mengonsumsi vitamin C. Anda bisa mendapat asupan vitamin C dari buah jeruk atau lemon, serta dari tablet vitamin yang banyak dijual di pasaran.
 
6. Hangatkan Tubuh
Virus tidak dapat berkembang di udara lembab dan menghindari cuaca yang kering akan mempercepat penyembuhan Anda. Mandilah dengan air hangat atau uapkan wajah di atas wadah berisi air panas agar virus-virus lenyap dan tubuh pun menjadi rileks.
 
7. Konsumsi Bawang Putih
Tidak banyak yang tahu, bawang putih memiliki khasiat luar biasa untuk menyembuhkan flu. Menyeruput sup bawang putih yang hangat bisa memberi efek menenangkan, tapi akan lebih baik lagi jika memakannya mentah-mentah.
 
8. Tiup Hidung
Hidung tersumbat sangat menyiksa. Rasanya pasti ingin selalu membuat tekanan di hidung, seperti gerakan menarik ingus. Sesaat mungkin terasa plong, tapi aktivitas ini ternyata justru memperburuk sakit dan berisiko membuat lendir masuk ke paru-paru lalu memicu infeksi. Lebih baik, buat tekanan keluar seperti gerakan meniup dengan hidung agar ingus keluar. Tekan satu lubang hidung lalu tiup sisi satunya hingga ingus bersih. Lakukan bergantian.
  
9. Minum Cairan Hangat
Cairan hangat cukup membantu meredakan hidung tersumbat, membantu mencegah dehidrasi, dan dapat menenangkan membran hidung dan tenggorokan yang mengalami peradanggan. Uap yang dirilis minuman hangat membantu mengencerkan lendir.
 
10. Bantal Tinggi Ketika Tidur
Usahakan selalu menjaga kepala dalam posisi lebih tinggi dari bagian dada. Ini untuk mengurangi pembentukan lendir. Cara terbaik adalah tidur dengan bantal dobel dan wajah menghadap langit-langit.
 
Bahan kimia Capsaicin yang ditemukan dalam lada atau cabai dapat membantu membersihkan rongga hidung. Saat flu menyerang, coba santap sup hangat dengan taburan lada, atau makanan mengandung kuah pedas.
 
12. Madu
Madu populer sebagai obat mujarab di beberapa budaya, menurut studi madu juga menunjukkan dapat membantu meringankan iritasi pada tenggorokan dan diyakini mengandung antioksidan dan anti bakterial. Madu juga terbukti meringankan batuk dan membantu tidur pulas pada anak-anak berusia satu tahun ke atas.
 
13. Ginseng
Ginseng dianggap sebagai suplemen herbal yang populer. Banyak manfaat dari ginseng ini mulai dari memperbaiki ingatan, memperbaiki konsentrasi, kelelahan, masalah yang berkaitan dengan penuaan, depresi ringan dan bahkan untuk ibu setelah melahirkan. Kandungan dalam ginseng meningkatkan sistem imun tubuh, untuk itu tak salah jika ginseng disebut berkhasiat sebagai obat flu.
  
14. Jahe
Jahe dipercaya sejak dulu kala sebagai obat tradisional China dalam memerangi gejala flu. Dalam pengobatan India, ayurveda juga dipercaya hal yang sama. Jahe panas ditambah jeruk nipis dan madu bisa dijadikan minuman di saat hujan. Tapi bagi yang baru menjalani operasi,sebaiknya hindari minum jahe selama dua minggu.
 
15. Zat Besi
Zat besi merupakan mineral esensial yang dibutuhkan lebih dari 300 enzim yang ada di dalam tubuh. Zat besi dapat Anda temukan pada makanan seperti daging, hati, seafood dan telur. Saat ini juga sudah tersedia dalam bentuk pil dan sirup. Kenapa zat besi bermanfaat? Zat ini memiliki efek menguatkan sistem imun tubuh, mood, kehidupan seks dan kesehatan yang berhubungan dengan pernafasan. Saat Anda mendapatkan gejala-gejala flu awal, tambahkan asupan zat besi dalam diet Anda. Sebagai bonusnya, zat besi ini dapat sedikit membantu menurunkan gejala flu.
 
Sekian dulu tips dari saya, terima kasih telah membaca artikel tentang 15 Tips Mengobati Flu | Menyembuhkan Flu semoga bermanfaat dan jangan di share ke teman2.......
  
Sumber: http://aardiansyah.blogspot.com
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar