Senin, 09 September 2013

PERSAHABATAN (sekali lagi )

Menghilangnya beberapa sobat dalam setahun ini membuat aku berfikir dan teringat sebuah kenangan :

Suatu sore  Sobatku baru pulang dari pelatihan “ Self Improvement & Motivation “ di UGM. Dia mampir ke kost dan makan bareng di BURJO ( warung bubur kacang ijo.red )

Dia lalu cerita bahwa tadi ada hal yang menarik sewaktu di pelatihan. Yaitu ketika Trainer menyuruh peserta untuk menuliskan daftar 5 orang yang paling mereka sayangi.

Sahabatku menulis :
  1. Orang Tua
  2. Adiknya
  3. Sahabatnya
  4. Pacarnya
  5. Temannya
Yang special buatku adalah, bahwa sahabatku menuliskan namaku pada no.3 ( sahabatnya ). Kemudian trainernya memberi pertanyaan “ Kalau Hidup mendesak kalian untuk berpisah dengan mereka, kalian memilih untuk berpisah dengan siapa dulu…? Tolong coret nama pilihan anda “ Sahabatku lalu mencoret nama Temannya

Berarti tinggal 4 nama yang tersisa
  1. Orang Tua
  2. Adiknya
  3. Sahabatnya ( namaku )
  4. Pacarnya
Pertanyaan selanjutnya sama  : “ Kalau Hidup mendesak kalian untuk berpisah lagi dengan salah satu dari mereka, kalian memilih untuk berpisah dengan siapa dulu…? Tolong coret lagi nama pilihan anda “. Sahabatku memilih nama adiknya .

“ kenapa adikmu ..? “ tanya ku.

“ Adikku Perempuan, udah besar, cepat atau lambat dia akan menikah dan ikut suaminya “ jawabnya.

Tinggal 3 nama tersisa
  1. Orang Tua
  2. Sahabatnya ( namaku )
  3. Pacarnya
Pertanyaan selanjutnya dari Trainer sama lagi : Kalau Hidup mendesak kalian untuk berpisah lagi dengan salah satu dari mereka, kalian memilih untuk berpisah dengan siapa dulu…? Tolong coret lagi  nama pilihan anda “. Sahabatku dengan berat memilih Orang Tua nya.

“ hah..? kok milih orang tuamu..? “ aku bertanya lagi

“ Aku udah Besar kik, udah dewasa, memang sudah selayaknya lepas dari orang Tua, menjalani kehidupanku sendiri.., Orang Tuaku sudah Tua Jika kehidupan ini berjalan sewajarnya cepat atau lambat ( walahu alam ).., mereka juga akan meninggalkan aku.

Tinggal 2 nama, dan pertanyaan dari Trainer masih sama
  1. Sahabatnya ( namaku ) ATAU
  2. Pacarnya.
Sahabatku memilih mencoret namaku ( sahabatnya ). Aku menghentikan makan dan menoleh kearahnya “ Oh…, Jadi gitu..? sekarang Pacar lebih penting ya dari Sahabat..? oke…oke..! “ ujarku dengan nada pura-pura marah. Dia tertawa keciL.

“ Bukan begitu, kik. kita sama-sama tahu, bahwa cepat atau lampat kita juga akan berpisah. Kau tahu, aku sangat mencintai Pacarku, aku berencana akan menikahinya dan membawanya ke kampung halamanku, menjadikanya isteri dan sahabat sejatiku. Kamu juga akan begitu, menikah dan memiliki kehidupan Pribadimu. Ngga mungkin kan setelah menikah kita masiha akan gini-gini aja. Kita akan sibuk dengan kehidupan kita masing masing, dan hanya Isteri ( pasangan ) kitalah yang akan setia menemani kita suka dan duka sampai kita mati nanti . kalau tidak percaya, lihatlah kedua orang tua kita“.

Betapa di kehidupan ini tidak ada yang abadi. Langitpun tidak bisa menampik perubahan yang terjadi. Siang menjadi malam, malam menjadi siang. Matahari yang Terbit dan tenggelam, Bintang yang benderang dan memudar, Awan yang suram dan cerah… Semuanya terjadi begitu cepat dan tanpa kompromi.


Hari ini Kita Bergandengan tangan.., berlari dan memetik bunga di taman, menerjang hujan dan badai.., Tapi esok tiba-tiba kita melambaikan tangan, mengucapkan salam perpisahan. Yang terbawa dan teringgal hanyalah satu. KENANGAN.

Jika esok masih ada waktu untuk kita bersama. Lakukan yang terbaik, berikan yang terbaik untuk persahabatan dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. Agar persahabatan tersebut akan terus mengenang dan mengalir bersama kehiduan kita.

hargailah setiap saat yg kita miliki bersama sahabat-sahabat tersebut. Karna waktu selalu berjalan dan kita tdk pernah tau apa yg akan terjadi ketika sahabat-sahabat tersebut dipindahkan Tuhan dr sisi kita. 


*Buat sobat-sobat yang sudah pergi entah kemana :  “ Farewell, my Friends. Wish u Happy and Happier in Whole of your life “
Best regards 

Sumber: http://funkytridoretta.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar